Apa kabar sobat kicau kaltim bertemu lagi di artikel saya yang berikutnya kali ini saya akan berbagi cara membuat tabung kompresor sederhana dari limbah tabung feron bekas AC,
seperti yang kita ketahui saat ini sangat banyak pengrajin sangkar ataupun pengrajin tebokan sangkar yang berlomba-lomba mendesain sangkar dan tebokan khusus untuk event lomba burung berkicau berupa desain motif coret biasa atau sangkar ukir dengan metode relief 3 dimensi berbagai motif hanya semata-mata bertujuan untuk memuaskan para konsumen yang berada di seluruh nusantara khususnya para kicau mania yang sangat menggemari model sangkar ukir relief untuk di jadikan sangkar khusus lomba burung berkicau agar memberikan kesan mewah pada burung kicauan saat di gantang pada sebuah event lomba,
agar sangkar ukir khusus lomba memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran tentunya sangkar tersebut benar-benar memiliki desain mewah dan tingkat finising yang benar-benar halus... selain itu teknik pewarnaan (pengecatan) juga harus benar-benar memiliki tingkat kerapian yang berkualitas.... terutama untuk sangkar atau tebokan dengan motif ukir relief,
Seperti yang kita ketahui teknik pewarnaan pada sangkar atau tebokan ukir relief harus menggunakan pengecatan teknik airbrush... agar mendapatkan jenis ukiran 3 dimensi yang benar-benar hidup pada sangkar ukir relief khusus lomba...namun terkadang kendala bagi pengrajin sangkar adalah seperangkat mesin airbrush di pasaran tergolong sangat mahal khususnya pengrajin yang terbilang masih baru dalam bergelut di kerajinan sangkar... adapun mesin kompresor tenaga listrik yang terjangkau di pasaran dengan harga yang cukup relatif murah... akan tetapi kompresor tersebut memerlukan daya listrik yang cukup tinggi yaitu sekitar 700WAT... hal ini tentu saja menjadi pertimbangan oleh para pengrajin sangkar burung kicauan karena mereka harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar listrik tentu saja alasanya tapat yaitu akan mengurangi pendapatan mereka... untuk mengsiasatinya para pengrajin sangkar terpaksa menggunakan alat pengecatan biasa... hal ini tentu saja dapat mengurangi kualitas khususnya di bagian finising sangkar dan yang lebih buruk lagi tentu saja dapat mengurangi harga jual sangkar tersebut di pasaran,
Namun untuk para sobat kicau mania yang bergelut di dunia sangkar burung kicauan jangan khwatir karena saya di sini akan berbagi cara untuk membuat kompresor murah tanpa tabung di sulap menjadi kompresor yang memiliki tabung berkapasitas standar untuk penghobi seni airbush.
oke.... tidak perlu berlama-lama mungkin sobat kicau mania sudah tidak sabar dan langsung aja ya... ke cara pembuatannya,
untuk regulator tekanan aingin saya memilih regulator yang bagus seperti di gambar karena regulator tersebut ada filter pemisah uap air dengan angin agar angin yang di keluarkan tidak bercampur dengan uap air ketika kita melakukan pengecatan.
cara membuatnya sebagai berikut
seperti yang kita ketahui saat ini sangat banyak pengrajin sangkar ataupun pengrajin tebokan sangkar yang berlomba-lomba mendesain sangkar dan tebokan khusus untuk event lomba burung berkicau berupa desain motif coret biasa atau sangkar ukir dengan metode relief 3 dimensi berbagai motif hanya semata-mata bertujuan untuk memuaskan para konsumen yang berada di seluruh nusantara khususnya para kicau mania yang sangat menggemari model sangkar ukir relief untuk di jadikan sangkar khusus lomba burung berkicau agar memberikan kesan mewah pada burung kicauan saat di gantang pada sebuah event lomba,
compresor khusus airbrush |
Namun untuk para sobat kicau mania yang bergelut di dunia sangkar burung kicauan jangan khwatir karena saya di sini akan berbagi cara untuk membuat kompresor murah tanpa tabung di sulap menjadi kompresor yang memiliki tabung berkapasitas standar untuk penghobi seni airbush.
oke.... tidak perlu berlama-lama mungkin sobat kicau mania sudah tidak sabar dan langsung aja ya... ke cara pembuatannya,
pertama-tama siapkan mesin kompresor kali ini saya memilih kompresor produk multipr* otomatis tanpa tabung di samping harganya murah mesin kompresor ini juga hanya membutuhkan tenaga listrik sekitar 100 WAT saja,
mesin tersebut sebenarnya bisa saja di gunakan langsung untuk airbush tanpa menambahkan tabung lagi... namun karena disainnya tanpa tabung oleh sebab itu angin yang keluar tidak stabil karena tidak adanya tabung untuk angin cadangan,
mesin tersebut sebenarnya bisa saja di gunakan langsung untuk airbush tanpa menambahkan tabung lagi... namun karena disainnya tanpa tabung oleh sebab itu angin yang keluar tidak stabil karena tidak adanya tabung untuk angin cadangan,
dan jika sobat kicau mania tidak ingin mengeluarkan uang banyak untuk membeli mesin tersebut sobat kicau mania bisa juga mengangtinya dengan mesin kompresor angin bekas kulkas atau kompresor mesin bekas AC yang tidak terpakai jika ada.. namun mesin kulkas kulkas atau AC biasanya membutuhkan tenaga listrik 200-250 WAT bahkan ada yang di atas 300 WAT,
langsung saja kita mulai cara membuatnya bahan yang harus di siapkan adalah sebagai berikut:
- coupler shock yang seukuran dengan selang sped airbrush.
- mur ukuran coupler.
- regulator pengukur tekanan angin, cari regulator yang ada kerannya langsung.
- tabung freon bekas AC,
- besi plat dan besi strip yang biasa di gunakan untuk membuat tralis jendela rumah.
- selang khusus kompresor ukuran sped airbush.
untuk regulator tekanan aingin saya memilih regulator yang bagus seperti di gambar karena regulator tersebut ada filter pemisah uap air dengan angin agar angin yang di keluarkan tidak bercampur dengan uap air ketika kita melakukan pengecatan.
![]() |
regulatur kompresor filter uap air |
cara membuatnya sebagai berikut
1. Pertama-tama pastikan tabung feron sudah benar-benar kosong kemudian buat kaki di tabung feron mengunakan besi strip dengan cara di las menyerupai kaki sebuah peswat heli, kemudian buat lubang dengan cara di bor tabung feron tersebut seukuran mur di dua sisi berlawan fungsi kedua lubang tersebut adalah
lubang yang satu untuk masuknya angin dari mesin ke tabung dan lubang yang lain untuk angin keluar yang di hubungkan ke regulator kemudian di teruskan ke selang sped airbus,,,
setelah itu las plat yang agak sedikit lebar di bagian atas untuk menaruh mesin kompresor atau pompa angin sesuaikan ukuran lebar plat dengan ukuran mesin terlebih dahulu dan yang terakhir biarkan keran asli bawaan tabung feron tetap ada (jangan memotongnya) ini berfungsi untuk membuang air yang tertampung di dalam tabung sewaktu-waktu karena biasanya semua mesin kompresor mengeluarkan angin bercampur dengan uap air.. lihat gambar,
lubang yang satu untuk masuknya angin dari mesin ke tabung dan lubang yang lain untuk angin keluar yang di hubungkan ke regulator kemudian di teruskan ke selang sped airbus,,,
setelah itu las plat yang agak sedikit lebar di bagian atas untuk menaruh mesin kompresor atau pompa angin sesuaikan ukuran lebar plat dengan ukuran mesin terlebih dahulu dan yang terakhir biarkan keran asli bawaan tabung feron tetap ada (jangan memotongnya) ini berfungsi untuk membuang air yang tertampung di dalam tabung sewaktu-waktu karena biasanya semua mesin kompresor mengeluarkan angin bercampur dengan uap air.. lihat gambar,
![]() |
kompresor dari tabung feron |
2. setelah tahap 1 sudah selesai cat bagian tabung menggunakan cat khusus besi anti karat. . .setelah cat sudah di pastikan kering kemudian rakit atau gabungkanlah antara mesin kompresor dengan tabung feron yang sudah kita modifikasi tadi..
kompresor dari tabung feron
Setelah semua proses sudah selesai itu artinya kompresor standar airbush siap di gunakan
demikian artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman saya dan sudah saya terapkan sejak lama untuk menekuni seni airbush,
selamat mencoba dan semoga bermanfaat. . .
Comments
Post a Comment